Tambahan Amunisi Jelang Hadapi Irak dan Filipina, Calvin Verdonk Resmi Jadi WNI

Calvin Verdonk usai melakukan sumpah WNI dan rekam KTP (Foto : PSSI)

JURNALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Jelang menghadapi Tim Nasional Irak dan Filipina, Timas Garuda mendapat amunisi baru, dengan resminya Calvin Verdonk menjadi warga negara Indonesia.

Langkah bersejarah ini disambut gembira banyak pihak, termasuk Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI.

Verdonk sudah resmi menjadi WNI setelah pengambilan sumpah, melalui proses naturalisasi yang lengkap, Rabu (5/6/24).

“Ini kerja keras dan kerja bersama semua pihak yang cinta sepak bola Indonesia dan ingin sepak bola kita maju. Setelah proses pengambilan sumpah, Calvin juga langsung membuat KTP dan paspor Indonesia,” ungkap Erick.

Meskipun sudah mengambil sumpah, masih diperlukan satu langkah penting lainnya, yakni persetujuan dari FIFA agar Calvin dapat mewakili timnas Indonesia di kancah internasional.

Erick tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Presiden, Ketua DPR RI, Pimpinan Komisi III DPR RI, Pimpinan Komisi X DPR RI, Menpora, dan Menkumham, yang senantiasa memberikan dukungan bagi perkembangan sepak bola Indonesia menuju arah yang lebih baik.

Dengan naturalisasi Calvin Verdonk, ia berharap memperkaya komposisi pemain timnas Indonesia serta membuka peluang yang lebih luas bagi sepak bola tanah air untuk meraih prestasi internasional yang gemilang.

Seperti diketahui, Calvin lahir pada 26 April 1997 di Dordecht, Belanda. Pemain 27 tahun itu memiliki darah Indonesia dari ayahnya, yakni Ronald Alting Siberg yang lahir di Meulaboh, Aceh pada 6 Februari 1958. Ibu Verdonk, Tamara, lahir di Dordrecht pada 18 September 1975.

Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord. Karier profesionalnya dimulai pada April 2014 saat menandatangani kontrak bersama Feyenoord. Namun debutnya tercatat baru terjadi pada 8 Maret 2015 dalam kemenangan 3-0 atas Excelsior Rotterdam.

Selama berseragam Feyenoord lebih sering dipinjamkan ke PEC Zwolle (2016/2017), NEC Nijmegen (2017/2018), dan FC Twente (2019/2020). Verdonk kemudian dilepas ke klub Portugal, Famalicao, pada 2020.

Verdonk hanya bertahan satu musim di Famalicao sebelum dipinjamkan ke NEC pada 2021 dan kontraknya dipermanenkan NEC pada 2022.

Musim ini Calvin Verdonk menjadi andalan NEC Nijmegen. Verdonk nyaris selalu menjadi starter NEC dari 33 pertandingan. Dari 33 laga, Verdonk hanya satu kali masuk sebagai pemain cadangan.

Verdonk lebih sering bermain sebagai bek kiri. Namun, Verdonk juga mampu untuk bermain di beberapa posisi lain seperti bek tengah dan winger. Verdonk juga punya kelebihan dalam mengeksekusi bola-bola mati.

Penampilan apik Verdonk bersama NEC Nijmegen membuat klub yang bermarkas di Goffertstadion itu berada di posisi enam klasemen Liga Belanda dengan 53 poin, hanya terpaut tiga poin dari Ajax Amsterdam.