Tangani Penyakit Tertinggi di Banjarmasin, Dinkes Gandeng Kader Posbindu

Foto Bersama kepala Dinas dan Kader usai pembukaan

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Berdasarkan hasil riset Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan pada 2021, hipertensi merupakan penyakit terbanyak diderita warga Kota Banjarmasin.

Berdasarkan hal itu, Dinkes Kota Banjarmasin melakukan koordinasi terpadu program lintas sektor bersama kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) untuk pembaharuan pengetahuan, di salah satu hotel, Selasa (17/05/2022).

Diikuti 202 kader, kegiatan ini dibuka resmi Kepala Dinkes Banjarmasin Dr. M. Ramadhan, yang sekaligus memperingati Hari Hipertensi Sedunia.

Dalam sambutannya, ia menekankan peran serta kader posbindu dalam rangka promosi preventif terhadap masyarakat, tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama promosi pola hidup bersih dan sehat, serta menghindari PTM seperti hipertensi dan lain-lain.

“Kader posbindu merupakan garda terdepan dalam rangka promosi dan preventif kegiatan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) kesehatan, terutama pencegahan terhadap pencetus penyakit tidak menular. Harapannya masyarakat dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah dan mengontrol hipertensi,” pungkasnya.

Editor : Achmad MT