Jelang Iduladha, Disbunak Batola Pastikan Hewan Kurban Penuhi Standar ASUH

Kadiabunak Batola bersama jajaranya melakukan monitoring pada salah satu kandang sapi di Batola

JURNALKALIMANTAN.COM, BARITO KUALA – Menjelang Iduladha 1445 Hijriah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Barito Kuala (Batola) melaksanakan monitoring ketersediaan dan kesehatan hewan ternak sapi dan kambing, Rabu (13/06/2024).

Kepala Dinas H. Suwartono Susanto menyampaikan, untuk kebutuhan hewan kurban di 17 kecamatan di tahun 2024 di antaranya sapi 955 ekor, kerbau 18 ekor, dan kambing 105 ekor.

“Sedangkan untuk ketersediaan sapi 2.415 ekor, kerbau 71 ekor, dan kambing 43 ekor,” tuturnya kepada jurnalkalimantan.com.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penandaan atau identifikasi sapi yang baru datang dari luar daerah.

“Kita juga lakukan koordinasi dengan pelaku usaha/distributor maupun paguyuban peternak sapi penggemukan untuk menjamin persaingan usaha yang wajar,” tambah Kadis.

Terkait kesehatan hewan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan rutin terhadap ternak yang masuk ke Batola, terlebih untuk persiapan kurban

“Pemeriksaan fisik sebelum dan sesudah pemotongan kurban, membentuk tim untuk pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban, dan membuat surat edaran terkait tempat pemotongan hewan,” tambah Tono (sapaan akrabnya).

Atas dasar itu, menurut Kadis, dapat dipastikan daging hewan kurban memenuhi kriteria ASUH.

“InsyaAllah ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal),” pungkasnya.