Gubernur Kalsel, Berikan Bantuan Ribuan Tempirai Bagi Kelompok Usaha Bersama di HSS & HSU

JURNALKALIMANTAN.COM, HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Sahbirin Noor menyerahkan bantuan alat bantu tangkap ikan, berupa Tempirai kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berada di kawasan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Utara, Selasa (6/12/2022).

Penyererahan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Provinsi Kalsel ini, diberikan kepada KUB Sungai Nyiur HSS sebanyak 400 buah, dan KUB Makmur Indah, Indah Sentosa, Nelayan Ingin Maju dan Bina Bersama HSU sebanyak 2000 buah.

“Syukur Alhamdulillah sesuai dengan arahan Gubernur Kalsel hari ini kita menyerahkan bantuan berupa Tempirai kepada KUB yang berada di HSS dan HSU, ” ungkap Kadislautkan Kalsel Rusdi Hartono.

Bantuan ini lanjut Rusdi Hartono merupakan komitmen pemerintah untuk membantu pelaku utama perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kita berharap bantuan ini tentunya dapat membantu meningkatkan pendapatan mereka khususnya di sektor perikanan,” harapnya.

Seperti diketahui, Tempirai adalah salah satu alat tangkap ikan ramah lingkungan yang paling banyak digunakan, dan masih dioperasikan oleh pelaku utama perikanan di perairan rawa.

“Untuk menangkap ikan di daerah rawa digunakan Tempirai dan hasil tangkapan yang di dapat pun lebih banyak dari alat tangkap lainnya, ” tandasnya.

Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Hari Ikan Nasional ke IX Tahun 2022, dengan mengusung tema “Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Generasi Unggul”.

(Saprian)