Menteri Pariwisata Pakai Sasirangan Karya Anak Binaan Bapas Banjarmasin

Menparekraf Sandiaga Uno memakai sasirangan saat di Banjarmasin

JURNALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bertemu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kalimantan Selatan di sebuah mal di Banjarmasin dengan menggunakan baju sasirangan karya Anak Berhadapan Hukum (ABH), di program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Menteri terlihat mengenakan setelan kimono sasirangan karya Suratman, salah satu ABH yang saat ini berada di bawah pembinaan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Banjarmasin.

Suratman adalah ABH kasus penyalahgunaan narkoba, yang sedang menjalani program pelatihan kerja di Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar.

“Menurut saya ini yang harus kita dukung untuk generasi muda ke depannya. Produk-produknya ini memiliki kualitas untuk ekspor, kita ingin ini menjadi peluang usaha dan lapangan pekerjaan. Kami siap berkolaborasi dengan tim dari Rumah Kreatif dan Pintar,” ucap Menparekraf melalui siaran pers Kanwil Kemenkumham Kalsel, usai kegiatan, Selasa (12/7/22).

Sementara itu, Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan turut menyampaikan, bahwa melalui UPT Pemasyarakatan, pihaknya terus mendorong dan melakukan pembinaan kepada ABH untuk dapat mempunyai keahlian dan kemampuan, sebagai modal saat kembali membaur dengan masyarakat.

“Kita berikan pembinaan bekerja sama dengan pihak eksternal guna memberikan keterampilan dan kemandirian bagi ABH. Suratman menunjukkan kemampuannya melalui karya yang luar biasa, dan membuktikan bahwa ABH juga memiliki kemampuan yang dapat bersaing dalam menghasilkan karya-karya bernilai jual tinggi,” tukasnya.

Hal senada juga diutarakan Muhammad Susanni, Plt. Kepala Bapas Kelas I Banjarmasin.

“Klien pemasyarakatan dan ABH terus kita dorong dan berikan pembinaan, untuk ke depannya dapat menghasilkan sebuah karya yang memiliki kualitas dan dapat bersaing di pasar global,” pungkasnya.

Editor : Achmad MT